Rabu, 04 Desember 2013

manfaat buah pisang

 photo PISANG_zps3ecff3eb.png

Pisang, ciri khas buah pisang dengan tekstur yang lembut lunak dan manis alami, juga buah pisang sangat mudah di cerna dan di resap oleh tubuh kita, di balik rasanya yang manis, buah pisang yang matang bisa secara langsung di konsumsi atau di buat olahan yang lezat, tentunya tidak mengurangi rasa manisnya,
Selain rasanya yang manis, pisang juga kaya akan vitamin dan mineral, Mengingat kandungan nutrisi yang kaya, tidak ada salahnya bila dikonsumsi setiap hari.

Beberapa kandungan yang ada dalam buah pisang:


  • Kalori 

Satu buah pisang sedang, rata-rata mengandung 100  / 110 kalori, bila mengkonsumsi sebuah pisang yang manis tidak kuatir akan merusak menu diet,


  • Lemak dan kolesterol

Pisang merupakan buah yang bebas lemak dan kolesterol.

  • Potasium

Buah ini sangat terkenal akan kandungan potasiumnya. Dengan kadar potasium mencapai 400
mg dalam pisang berukuran sedang, buah ini wajib dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung juga mampu meningkatkan fungsi ginjal,karena buah pisang mengandung potasium dan mempunyai efek baik bagi ginjal. Jadi ketika tubuh kita mendapatkan cukup potasium, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dan urin. Kondisi ini akan membuat ginjal kita tetap berfungsi dengan baik dan juga mengurangi resiko terkena batu ginjal. Buah pisang juga memilki tingkat senyawa antioksidan yang tinggi dan berperan aktif untuk membantu melindungi ginjal.Potasium juga diketahui sangat baik untuk fungsi otot dan saraf, serta menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. Potasium dalam pisang juga cocok dikonsumsi untuk mencegah kram otot setelah olahraga.
  • Vitamin C

Sebagaimana buah lainnya, pisang juga kaya akan vitamin C. Satu buah pisang mengandung sekitar 10mg vitamin C atau sekitar 15 persen dari rekomendasi vitamin C harian.
  • Vitamin B6

Vitamin B biasanya ditemukan pada produk hewani, tetapi pisang ternyata juga merupakan sumber vitamin B6 yang disebut pyridoxine. Satu buah pisang menyediakan 35 persen dari rekomendasi vitamin B6 harian. Tubuh menggunakan vitamin ini untuk menumbuhkan sel-sel baru.

  • Mangan

Mangan adalah mineral yang dibutuhkan untuk tulang yang sehat dan metabolisme. Satu buah pisang mengandung 3 mg mangan.

  • Serat

Satu buah pisang mengandung sekitar 3 gram serat. Selain menyehatkan, serat yang ada dalam kandungan buah pisang dapat membantu fungsi pencernaan, sangat cocok untuk yang sedang mengalami gejala diare, serat juga dibutuhkan oleh tubuh untuk menjaga perut agar selalu tetap merasa kenyang yang lebih lama.

  • Nutrisi lain

Ada beberapa jenis mineral dan vitamin yang terkandung dalam pisang, meski jumlahnya kecil, yakni magnesium, kalsium, fosfor, vitamin A dan E, folat, karoten, serta asam amino.

  • Karbohidrat

Tubuh menggunakan karbohidrat sebagai sumber energi utama. Makanlah pisang setelah berolahraga untuk mengembalikan energi. Sebuah pisang setelah sarapan juga direkomendasikan untuk menjaga pasokan energi tetap bertahan sampai waktu makan siang tanpa camilan.

  • Mudah dicerna

Pisang sangat mudah dicerna. Saat Anda sedang menderita penyakit virus atau gangguan pencernaan, pisang sangat cocok sebagai sumber nutrisi tanpa membuat pencernaan bekerja terlalu keras. Pisang yang dilumatkan juga sering dipakai sebagai makanan padat yang diperkenalkan pada bayi.

Khasiat lain buah pisang yang sangat baik untuk tubuh kita:

- Khasiat buah pisang dapat mengatasi diare dan sembelit, ini karena buah pisang mengandung serat yang dapat membantu fungsi saluran pencernaan. Selain serat, kandungan potasium dalam buah pisang juga sangat baik untuk penderita diare. Buah pisang juga mengandung pektin, pektin adalah salah satu jenis serat yang larut dalam air.

- Khasiat buah pisang dapat mencegah anemia, ini karena zat besi yang terkandung dalam buah pisang sangat tinggi. Dan zat besi ini dapat membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.
- Khasiat buah pisang dapat mencegah alergi. Tidak seperti makanan lainnya yang mengandung asam amino yang dapat menyebabkan alergi. Buah pisang mengandung asam amino jinak dan dalam banyak kasus asam amino jinak ini tidak menyebabkan alergi.

- Khasiat buah pisang dapat mengobati gangguan pada usus. Apabila buah pisang dicampurkan dengan susu cair, maka dapat mengobati penyakit usus dan juga dapat menetralkan asam lambung.

- Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi ginjal, ini karena buah pisang mengandung potasium dan mempunyai efek baik bagi ginjal. Jadi ketika tubuh kita mendapatkan cukup potasium, maka tubuh akan mengontrol pengeluaran kalsium dan urin. Kondisi ini akan membuat ginjal kita tetap berfungsi dengan baik dan juga mengurangi resiko terkena batu ginjal. Buah pisang juga memiliki tingkat senyawa antioksidan yang tinggi dan berperan aktif untuk membantu melindungi ginjal.

- Khasiat buah pisang dapat mengurangi resiko serangan jantung dan stroke, ini karena buah pisang adalah sumber kalium yang dapat membantu menjaga tubuh dan keseimbangan elektrolit cairan yang terdapat didalam tubuh dan juga membantu mengontrol tekanan darah, sehingga mengurangi resiko terkena serangan jantung dan stroke. Penelitian juga menunjukan, bahwa jika kita mengkonsumsi buah pisang secara rutin maka dapat mengurangi resiko terkena serangan stroke sebesar 40%.

- Khasiat buah pisang dapat membantu menambah energi, ini karena buah pisang mengandung fruktosa, glukosa dan sukrosa. Kandungan ini lah yang dapat meningkatkan energi secara instan. Dan ini juga alasan kenapa banyak atlet sering mengkonsumsi buah pisang.

- Khasiat buah pisang dapat meningkatkan mood, ini karena buah pisang mengandung tryptophan, salah satu asam amino yang bertanggung jawab untuk memproduksi serotonin. Serotonin sendiri adalah hormon yang dikenal dapat mengatasi depresi dan meningkatkan mood.

- Khasiat buah pisang dapat meningkatkan fungsi otak, ini karena buah pisang mengandung kalium. Dan kalium sendiri adalah sumber yang baik untuk meningkatkan fungsi otak.

- Khasiat buah pisang dapat membantu memperkuat tulang, ini karena buah pisang mengandung prebiotik atau disebut dengan fructooligosaccharide (FOS), dan ini memungkinkan tubuh kita dapat menyerap nutrisi dengan mudah, juga membantu tubuh menyerap kalsium, sehingga membuat tulang kita tetap kuat. Kandungan potasium dalam buah pisang juga membantu mencegah hilangnya kalsium, dan hal ini dapat membuat kita memiliki resiko lebih rendah untuk terserang osteoporosis di kemudian hari.

- Khasiat buah pisang dapat menyehatkan penglihatan. Apabila kita mengkonsumsi buah pisang setidaknya tiga buah perhari, maka dapat menurunkan resiko terkena gangguan penglihatan yang berkaitan dengan bertambahnya usia.

Tidak ada salahnya kita mengkonsumsi buah pisang setiap hari, banyaknya kandungan yang terdapat dalam buah pisang memberikan khasiat buah pisang yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar